Materi Bimtek di P4Tk

Salam Semangat Rekan2 Seperjuangan.
Sesuai dengan rencana workshop kita di P4TK Matematika Yogyakarta, berikut kami sampaikan materi yang dapat dipilih untuk kita ikuti dalam workshop tersebut.
Bimtek yang diadakan oleh P4TK menggunakan pola 8 jam (4 materi)
Silakan dicermati materi yang telah disediakan, pada saatnya nanti kami akan meminta masukan dari rekan semua tentang materi yang dibutuhkan untuk kita usulkan ke P4TK.

1.       Materi Umum
No
Materi

1
Pendalaman Materi Pelajaran Matematika

2
Strategi Pembelajaran

3
Penilaian

4
Sosialisasi Standar Nasional Pendidikan

5
Problem Solving dalam pembelajaran matematika sesuai dengan standar isi


2.       Unit Media Alat Peraga Matematika
No
Materi
Cakupan Isi Materi

1
Pemanfaatan alat peraga sebagai media pembelajaran Matematika SD
§  Alat peraga untuk pembelajaran bilangan
§  Alat peraga untuk pembelajaran aljabar
§  Alat peraga untuk pembelajaran geometri dan pengukuran
§  Alat peraga untuk pembelajaran statistika dan peluang
§  Alat peraga untuk penanaman konsep
§  Alat peraga untuk keterampilan konsep
§  Alat peraga untuk pemecahan masalah

2
Pemanfaatan alat peraga sebagai media pembelajaran Matematika SMP

3
PPemanfaatan alat peraga sebagai media pembelajaran Matematika SMA


3.       Unit Media Teknologi Informasi
No
Materi
Cakupan Isi Materi

1
Pemanfaatan computer sebagai media pembelajaran matematika
§  Pengenalan computer
§  Manfaat computer untuk pembelajaran matematika
§  Contoh-contoh software pembelajaran matematika

2
Pemanfaatan Microsoft Word dalam pembelajaran matematika
 Pilihan Paket
Paket I     : Naskah umum dan emanfaatan symbol matematika
Paket II   :  Equation Editor
Paket III  :  menggambar bangun ruang

3
Pemanfaatan Power Point dalam pembelajaran matematika
§  Pengenalan Power Point
§  Membuat slide
§  Menjalankan slide
§  Animasi Obyek
§   
4
Pemanfaatan Internet untuk pembelajaran matematika
Paket I
§  Cara mengunduh materi pembelajaran online dari website
§  Menggunakan search engine untuk melakukan pencarian artikel, gambar, video, presentasi, software
§  Menerjemahkan bahasa asing menggunakan aplikasi online
Paket II
§  Membuat akun email
§  Mendaftar dan mengikuti diskusi di mailing list
§  Mendaftar dan mengikuti forum
§  Membuat akun di jejaring social

5
Pemanfaatan Webblog dalam pembelajaran matematika
Paket I
§  Pengenalan web blog
§  Mendaftar di layanan web blog
§  Membuat dan mempublikasikan artikel
§  Menambahkan gambar
Paket II
§  Menambah dokumen untuk diunduh
§  Menambah video

6
Pemanfaatan perangkat mobile dalam pembelajaran matematika
Paket I
§  Pengenalan konsep mobile learning
§  Sosialisasi pemanfaatan mathematics mobile learning
§  Peragaan/praktek instalasi mathematics mobile learning
Paket II
§  Membuat aplikasi mobile quiz
§  Pembuatan aplikasi mobile e-book
§  Pembuatan situs WAP
§  Publikasi aplikasi di internet

7
PEngenalan Software matematika untuk pendidikan dan penelitian


a.       Geogebra
§  Pengenalan geogebra
§  Membuat objek matematika dengan geogebra
§  Melakukan perhitungan matematis dengan geogebra


b.      Autograph
§  Pengenalan autograph
§  Menggunakan autograph untuk membuat objek matematika


c.       SPSS
§  Pengenalan SPSS
§  Melakukan analisis deskriptif untuk data-data statistic
§  Menggunakan SPSS untuk analisis hasil penelitian



4.       Unit Mathematics Playground
No
Materi
Cakupan Isi Materi

1
Matematika di Alam
Problem kelinci, problem dekomposisi, Bilanagn Sali, Problem Lintasan Lebah, Golden Section

2
Bilangan dan Aljabar
Bilangan sempurna, Bilangan Bersahabat, Konstanta Krapekar, Tebak Tanggal Lahir, Permainan p, Teka-teki timbangan, Ambil permen terakhir, Problem tumpukan balok, Tetahedron ajaib

3
Geometri
Pengubinan-pengubinan unik, Origami bidang datar dan bangun ruang, Archimedian Solid (disertai maple), Roda tidak bulat, Kubus Misteri, Problem LIntasan terpendek, Problem Steiner (jalur dengan total panjang minimal). Pembuatan kompor matahari tanpa rumus.

4
Eksplorasi dan Problem Solving Game
Light’s Out Puzzle, Algoritma Labirin, Icosian Game, Kubus Soma, macam-macam puzzle 3 dimensi, permainan lepas benang, Tchuuka Ruma (Congklak untuk 1 orang), Vanishing Leprechaun, Jembatan Koningsberg.

5
Matematika Komputasi
Eksplorasi Mathemagical Black Hole dengan bantuan Microsoft Excel
Eksplorasi konstanta Unik dengan Excel
Solusi tetrahedron ajaib dengan bantuan maple
Kurva cantik dengan bantuan Graph

6
Permainan Komputer dan Multimedia
Level 1:
Permainan computer dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika
Level 2:
Membuat permainan matematika sederhana denagn power point, Geogebra, GameMaker atau flash.






5.       Lain-lain
No
Materi
Cakupan Isi Materi

1
Olimpiade Matematika SD, SMP, SMA
§  Pemecahan masalah
§  Gambaran olimpiade matematika
§  Manfaat olimpiade matematika dalam pembelajaran matematika di kelas
§  Contoh soal dan pembahasan




ss
Share this article :
 

Post a Comment

Kami berterima kasih jika rekan2 bersedia memberikan komentar/masukan.

 
Support : Creating Website | Johny Template | MasRif
Copyright © 2011. MGMP Matematika SMP Kota Pekalongan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MasRif
Proudly powered by Blogger