Rabu berbagi, 10 Februari 2021 LIVEWORKSHEETS
Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Tahunan
Semangat pagi rekan rekan semuanya....
Penilaian Angka Kredit biasanya dilakukan ketika seorang PNS Guru mau mengajukan kenaikan pangkat. Jika sudah lama tidak naik pangat, maka banyak sekali berkas yang harus diurus dan itu terasa memberatkan seperti yang saya rasakan... hehe...
Mulai saat ini Pemerintah Kota/Kabupaten memberlakukan Penilaian Angka Kredit (PAK) Tahunan yang tujuannya untuk mempermudah PNS Guru dalam menyiapkan angka kreditnya secara bertahap.
Jika angka kredit sudah mencukupi, maka bisa diusulkan untuk kenaikan ke pangkat berikutnya.
Namun, masih banyak juga PNS Guru yang merasa kesulitan dalam menyusun PAK Tahunan dan lebih memilih meminta pihak ain untuk membuatkan (menjahitkan) karena dirasa lebih praktis. Bayar gak masalah, yang penting jadi.
Yuk... kita ubah anggapan itu!! PNS Guru harusnya mampu menghitung perolehan angka kreditnya selama satu tahun berjalan.
Untuk membantu Bapak/Ibu PNS Guru kami coba buat aplikasi yang masih sederhana dan seadanya, semoga bisa bermanfaat dan membantu..
Pertemuan MGMP ke -5 Tanggal 23 September 2020
Hari/ Tanggal : Rabu, 23 September 2020
Pukul : 09.00 –
selesai
Tempat : SMP Negeri
2 Pekalongan
Materi : DISEMINASI Pembelajaran berbasis PISA (Literasi, Numerisasi dan Sains)
Selamat datang dan selamat pagi ...
Alhamdulilah segala puji syukur kegiatan DISEMINASI Pembelajaran berbasis PISA
(Literasi, Numerisasi dan Sains) berjalan dengan lancar
SUSUNAN ACARA
PEMBUKAAN
Pembacaan susunan acara oleh Bpk Riyanto, S.Pd sekaligus membuka kegitan
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Sambutan dari Bpk Budi Muhammadi, M.Pd selaku pengawas dinas pendidikan
INTI
1. Pemaparan materi (unduh sini) pembelajaran PISA oleh Ibu Heny Daryani, S.Pd, M. Si
2. Pemanfaatan portal PISA Analisis, konten dan konteks oleh Ibu Endang Widayanti, S.Pd
Pemanfaatan portal PISA Praktik Pengoreksian oleh Bpk Akhmad Syaefulloh, S.Pd
PENUTUP
1.
Evaluasi
dari ketua MGMP Matematika Kota Pekalongan Bpk Muhammad Rif’an, S.Pd
2.
Do’a
Penutup
Notulen Adi Permana, S.Pd
Undangan (unduh disini)
Notulen (unduh disini)
FOTO KEGIATAN
Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masa pandemi.
Hasil Kelulusan Workshop Pemanfaaan IT di Masa Pandemi
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Ilahi rabbi sehingga kita semua dapat menyelesaikan Workshop Pemanfaatan IT di Masa Pandemi.
Workshop yang di selenggarakan tanggal 22 Juni - 12 Juli 2020 dengan pola 32 JP telah mebghasil kan beberapa karya berupa Video Pembelajaran yang sebagian sudah diunggah di Channel Youtube MGMP dan bank soal di Google Form yang diharapkan dapat menjunjang PJJ selama siswa Belajar dari Rumah.
Berikut nama peserta yang dinyatakan lulus mengikuti Workshop tersebut.
Pertemuan MGMP ke-4 tgl 12 Agustus 2020
Semangat Pagi semuanya...
Alhamdulillah kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul dalam acara pertemuan rutin anggota MGMP Matematika SMP/MTs Kota Pekalongan.
Pertemuan ke-4 ini mengendakan beberapa acara antara lain Penyusunan RPP dan Bahan Ajar PJJ, Informasi awal AKM dan Mengenal AKM Numerasi.
Untuk acara pertama adalah pembukaan dilanjutkan dengan sambutan oleh Koordinator MGMP Ibu Hj. Siti Faridah Hayati, S.Pd.
Materi berikutnya adalah paparan kurikulum kondisi khusus yang disampaikan oleh Bapak Budi Muhammadi, M.Pd. selaku Pengawas Dinas Pendidikan.
Kepmendikbud RI No 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus yang baru diterbitkan perlu segera disikapi dan ditindaklanjuti oleh pihak sekolah terlebih khusus oleh guru, beberapa KD ada penyesuaian dan pengurangan.
Bapak Pengawas telah memberikan gambaran panduan terkait sikap yang perlu diambil seperti yang ada pada paparan ini (unduh)
Untuk membantu Bapak/Ibu Guru menyiapkan RPP dan Bahan Ajar selama PJJ, Dinas Pendidikan mengajak seluruh MGMP untuk bersama sama menyusunnya dengan sistem gotong royong dan format yang diseragamkan. RPP dan Bahan Ajar yang disusun menggunakan 4 jenis pola (Full Daring, Full Luring, Dominan Daring, Dominan Luring)
AKM dan SK merupakan pengganti UN yang akan digunakan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dengan mengambil sampel siswa kelas 8 untuk diuji dan hasilnya akan menggambarkan kualitas suatu sekolah. AKM terdiri dari dari Literasi (terkait bacaan) dan Numerasi (terkait perhitungan).