Game ini melatih perkalian bagi siswa, silakan dicoba
Latest Post
Cara Upload file agar bisa di download
Salam Semangat...
Pada postingan kali ini akan saya berikan cara mengupload file sehingga bisa didownload oleh orang lain. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita (guru) karena kita bisa memberi materi dalam bentuk file kepada siswa tanpa harus bertatap muka dengan mereka.
Banyak sekali tempat di mana kita bisa mengupload file kita, namun pada kesempatan kali ini akan diberikan langkah untuk mengupload file melaluixtgem.com
Silakan Anda bisa download tutorialnya di sini.
seringkali orang gagal mendownload via xtgem.com karena setelah mereka klik link download dan xtgem.com terbuka.
Mereka salah memilih tombol download seperti terlihat digambar berikut !
yang benar yang diberi tanda panah.
Pada postingan kali ini akan saya berikan cara mengupload file sehingga bisa didownload oleh orang lain. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita (guru) karena kita bisa memberi materi dalam bentuk file kepada siswa tanpa harus bertatap muka dengan mereka.
Banyak sekali tempat di mana kita bisa mengupload file kita, namun pada kesempatan kali ini akan diberikan langkah untuk mengupload file melaluixtgem.com
Silakan Anda bisa download tutorialnya di sini.
seringkali orang gagal mendownload via xtgem.com karena setelah mereka klik link download dan xtgem.com terbuka.
Mereka salah memilih tombol download seperti terlihat digambar berikut !
yang benar yang diberi tanda panah.
Sekian postingan kali ini, untuk tempat upload yang lain seperti 4share.com ; Sosialmedia.com ; sribd.com akan dimuat kapan-kapan (kalo ada waktu)...
Salam semangat.... Piss
Game Nyebrangin Orang
Petunjuk:
Ada 8 orang berdiri di pinggir sungai.
Mereka terdiri dari seorang Ayah,
seorang Ibu, 2 anak laki-laki, 2 anak perempuan, polisi dan perampok.
Tugas Anda adalah menyeberangkan mereka semua ke sisi sungai yang
lain, dengan rakit. Tapi ingat ketentuannya, Maksimal dalam rakit hanya 2 orang
yang diperbolehkan menyeberang.
Ayah tidak boleh digabung dengan anak perempuan tanpa kehadiran Ibu,
dan demikian pula sebaliknya, Ibu tidak bisa digabung dengan anak laki-laki
tanpa kehadiran Ayahnya. Perampok tidak bisa digabung dengan anggota keluarga
tanpa ada Polisi. Rakit hanya boleh dijalankan oleh Ayah, Ibu, ataupun Polisi.
seorang Ibu, 2 anak laki-laki, 2 anak perempuan, polisi dan perampok.
Tugas Anda adalah menyeberangkan mereka semua ke sisi sungai yang
lain, dengan rakit. Tapi ingat ketentuannya, Maksimal dalam rakit hanya 2 orang
yang diperbolehkan menyeberang.
Ayah tidak boleh digabung dengan anak perempuan tanpa kehadiran Ibu,
dan demikian pula sebaliknya, Ibu tidak bisa digabung dengan anak laki-laki
tanpa kehadiran Ayahnya. Perampok tidak bisa digabung dengan anggota keluarga
tanpa ada Polisi. Rakit hanya boleh dijalankan oleh Ayah, Ibu, ataupun Polisi.
Untuk memulai tekan tombol berbentuk lingkaran, Pilih maksimal 2 orang yang meu nyebrang, klik tongkat dengan ujung merah.
Persiapan UAS I Tahun 2012 2013
Sesuai dengan Kalender Pendidikan bahwa pelaksanaan UAS I akan dilaksanakan bulan Desember 2012, untuk itu MKKS telah mengambil langkah dengan memberikan tugas melalui MGMP kepada guru-guru yang ditunjuk untuk membuat soal UAS I.
Kami memberikan link download kisi-kisi matematika, namun kami berharap agar kisi-kisi ini tidak diberikan secara langsung kepada peserta didik baik di sekolah maupun di bimbel.
Kami berharap dengan adanya kisi-kisi ini para guru di masing-masing sekolah dapat membuat prediksi soal sesuai dengan indikator yang tersedia dan dapat digunakan sebagai sarana berlatih siswa (try out UAS).
Apabila ada indikator yang dirasa kurang jelas dapat menghubungi pengurus MGMP.
Terima kasih.
Kisi2 Ulangan Akhir Semester I TP 2012/2013 Download ; telah didownload kali
Kami memberikan link download kisi-kisi matematika, namun kami berharap agar kisi-kisi ini tidak diberikan secara langsung kepada peserta didik baik di sekolah maupun di bimbel.
Kami berharap dengan adanya kisi-kisi ini para guru di masing-masing sekolah dapat membuat prediksi soal sesuai dengan indikator yang tersedia dan dapat digunakan sebagai sarana berlatih siswa (try out UAS).
Apabila ada indikator yang dirasa kurang jelas dapat menghubungi pengurus MGMP.
Terima kasih.
Kisi2 Ulangan Akhir Semester I TP 2012/2013 Download ; telah didownload kali
Materi Bimtek di P4Tk
Salam Semangat Rekan2 Seperjuangan.
Sesuai dengan rencana workshop kita di P4TK Matematika Yogyakarta, berikut kami sampaikan materi yang dapat dipilih untuk kita ikuti dalam workshop tersebut.
Bimtek yang diadakan oleh P4TK menggunakan pola 8 jam (4 materi)
Silakan dicermati materi yang telah disediakan, pada saatnya nanti kami akan meminta masukan dari rekan semua tentang materi yang dibutuhkan untuk kita usulkan ke P4TK.
Sesuai dengan rencana workshop kita di P4TK Matematika Yogyakarta, berikut kami sampaikan materi yang dapat dipilih untuk kita ikuti dalam workshop tersebut.
Bimtek yang diadakan oleh P4TK menggunakan pola 8 jam (4 materi)
Silakan dicermati materi yang telah disediakan, pada saatnya nanti kami akan meminta masukan dari rekan semua tentang materi yang dibutuhkan untuk kita usulkan ke P4TK.
1.
Materi Umum
No
|
Materi
|
|
1
|
Pendalaman Materi Pelajaran Matematika
|
|
2
|
Strategi Pembelajaran
|
|
3
|
Penilaian
|
|
4
|
Sosialisasi Standar Nasional
Pendidikan
|
|
5
|
Problem Solving dalam pembelajaran
matematika sesuai dengan standar isi
|
|
2.
Unit Media Alat
Peraga Matematika
No
|
Materi
|
Cakupan Isi Materi
|
|
1
|
Pemanfaatan alat peraga sebagai media
pembelajaran Matematika SD
|
§
Alat peraga untuk
pembelajaran bilangan
§
Alat peraga untuk
pembelajaran aljabar
§
Alat peraga untuk
pembelajaran geometri dan pengukuran
§
Alat peraga untuk
pembelajaran statistika dan peluang
§
Alat peraga untuk
penanaman konsep
§
Alat peraga untuk
keterampilan konsep
§
Alat peraga untuk
pemecahan masalah
|
|
2
|
Pemanfaatan alat peraga sebagai media
pembelajaran Matematika SMP
|
|
|
3
|
PPemanfaatan alat peraga sebagai media
pembelajaran Matematika SMA
|
|
3.
Unit Media Teknologi
Informasi
No
|
Materi
|
Cakupan Isi Materi
|
|
1
|
Pemanfaatan computer sebagai media
pembelajaran matematika
|
§
Pengenalan computer
§
Manfaat computer untuk
pembelajaran matematika
§
Contoh-contoh software
pembelajaran matematika
|
|
2
|
Pemanfaatan Microsoft Word dalam
pembelajaran matematika
|
Pilihan Paket
Paket I : Naskah umum dan emanfaatan symbol matematika
Paket II : Equation
Editor
Paket III : menggambar
bangun ruang
|
|
3
|
Pemanfaatan Power Point dalam
pembelajaran matematika
|
§
Pengenalan Power Point
§
Membuat slide
§
Menjalankan slide
§
Animasi Obyek
|
§
|
4
|
Pemanfaatan Internet untuk
pembelajaran matematika
|
Paket I
§
Cara mengunduh materi
pembelajaran online dari website
§
Menggunakan search engine
untuk melakukan pencarian artikel, gambar, video, presentasi, software
§
Menerjemahkan bahasa
asing menggunakan aplikasi online
Paket II
§
Membuat akun email
§
Mendaftar dan mengikuti
diskusi di mailing list
§
Mendaftar dan mengikuti
forum
§
Membuat akun di jejaring social
|
|
5
|
Pemanfaatan Webblog dalam pembelajaran
matematika
|
Paket I
§
Pengenalan web blog
§
Mendaftar di layanan web
blog
§
Membuat dan
mempublikasikan artikel
§
Menambahkan gambar
Paket II
§
Menambah dokumen untuk
diunduh
§ Menambah video
|
|
6
|
Pemanfaatan perangkat mobile dalam
pembelajaran matematika
|
Paket I
§
Pengenalan konsep mobile
learning
§
Sosialisasi pemanfaatan
mathematics mobile learning
§
Peragaan/praktek
instalasi mathematics mobile learning
Paket II
§
Membuat aplikasi mobile
quiz
§ Pembuatan aplikasi mobile e-book
§ Pembuatan situs WAP
§ Publikasi aplikasi di internet
|
|
7
|
PEngenalan Software matematika untuk
pendidikan dan penelitian
|
|
|
|
a.
Geogebra
|
§
Pengenalan geogebra
§
Membuat objek matematika
dengan geogebra
§ Melakukan perhitungan matematis dengan geogebra
|
|
|
b.
Autograph
|
§
Pengenalan autograph
§
Menggunakan autograph
untuk membuat objek matematika
|
|
|
c.
SPSS
|
§
Pengenalan SPSS
§
Melakukan analisis
deskriptif untuk data-data statistic
§
Menggunakan SPSS untuk
analisis hasil penelitian
|
|
4.
Unit Mathematics Playground
No
|
Materi
|
Cakupan Isi Materi
|
|
1
|
Matematika di Alam
|
Problem kelinci, problem dekomposisi, Bilanagn Sali, Problem Lintasan
Lebah, Golden Section
|
|
2
|
Bilangan dan Aljabar
|
Bilangan sempurna, Bilangan
Bersahabat, Konstanta Krapekar, Tebak Tanggal Lahir, Permainan p, Teka-teki timbangan,
Ambil permen terakhir, Problem tumpukan balok, Tetahedron ajaib
|
|
3
|
Geometri
|
Pengubinan-pengubinan unik, Origami bidang datar dan bangun ruang,
Archimedian Solid (disertai maple), Roda tidak bulat, Kubus Misteri, Problem
LIntasan terpendek, Problem Steiner (jalur dengan total panjang minimal).
Pembuatan kompor matahari tanpa rumus.
|
|
4
|
Eksplorasi dan Problem Solving Game
|
Light’s Out Puzzle, Algoritma Labirin, Icosian Game, Kubus Soma,
macam-macam puzzle 3 dimensi, permainan lepas benang, Tchuuka Ruma (Congklak
untuk 1 orang), Vanishing Leprechaun, Jembatan Koningsberg.
|
|
5
|
Matematika Komputasi
|
Eksplorasi Mathemagical Black Hole dengan bantuan Microsoft Excel
Eksplorasi konstanta Unik dengan Excel
Solusi tetrahedron ajaib dengan bantuan maple
Kurva cantik dengan bantuan Graph
|
|
6
|
Permainan Komputer dan Multimedia
|
Level 1:
Permainan computer dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika
Level 2:
Membuat permainan matematika sederhana denagn power point, Geogebra,
GameMaker atau flash.
|
|
5.
Lain-lain
No
|
Materi
|
Cakupan Isi Materi
|
|
1
|
Olimpiade Matematika SD, SMP, SMA
|
§
Pemecahan masalah
§
Gambaran olimpiade
matematika
§
Manfaat olimpiade
matematika dalam pembelajaran matematika di kelas
§
Contoh soal dan
pembahasan
|
|
ss